Senin, 10 November 2014

Ringkasan Materi

Tujuan membuat ringkasan materi untuk membantu siswa yang tertinggal catatannya yang disebabkan ada sesuatu hal, misalnya sakit, izin
Semoga bermanfaat
Bahasa Indonesia
Memberikan Tanggapan dan Saran
Disekitarmu pasti banyak masalah, masalah tersebut bisa ditanggapi secara benar. Tanggapan berupa saran, pendapat, kritikan. Untuk menyampaikan kritik harus menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat. Cara memberikan tanggapan dan saran agar tidak menyinggung perasaan orang lain adalah dengan menggunakan kalimat yang sopan.
Jika kita memiliki masalah yang tidak dapat diselesaikan seorang diri hendaknya meminta saran dan pendapat dari orang lain dan apabila saran yang diberikan belum mampu memecahkan masalah kita dapat meminta saran dan pendapat baru. Setalah mendapat tanggapan dan saran harus segera kita lakukan tanpa menundanya terlebih dahulu agar masalahnya cepat terselesaikan.
Tanggapan adalah kalimat yang berisi pendapat seseorang tentang suatu masalah disertai alasan-alasan. Kalimat tanggapan biasanya diawali kata “menurut saya”. Saran adalah kalimat yang berisi solusi pemecahan masalah menurut pemikiran kita. Kalimat saran biasanya diawali kata “sebaiknya”.
Contoh 1:
Ada siswa kelas 3 yang sering tidak masuk sekolah. Hampir setiap seminggu izin tidak masuk sekolah.
Tanggapan         : Menurut saya, dengan sering tidak masuk sekolah, kita akan ketinggalan pelajaran. Selain itu, kita juga akan kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah.
Saran                  : Sebaiknya kita tidak boleh sering izin tidak masuk sekolah. Kita harus belajar mandiri ketika ditinggal orang tuannya pergi, karena belajar lebih penting.
Contoh 2 :
Masalah       : Pada suatu ketika, antara Desi dan deti terjadi pertengkaran. Desi sudah meminta maaf kepada Deti tetapi Deti tidak mau memaafkan desi.
Tanggapan  : Sikap Deti tidaklah tepat karena tidak akan memperbaiki persahabatan.

Saran           : Sebaiknya Deti memaafkan Desi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar